Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 4, No 4 (2022)

Pelatihan Penggunaan Elicit untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Syihaabul Hudaa (Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta)
Mahsusi Mahsusi (UIN Jakarta)
Nuryani Nuryani (UIN Jakarta)
Ahmad Bahtiar (UIN Jakarta)
Irma Novida (Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Salah satu kesulitan yang dihadapi mahasiswa tingkat akhir yaitu menemukan penelitian terdahulu (state of the art). Kesulitan inilah yang membuat mahasiswa menunda karya tulis akhirnya. Bahkan, dari beberapa kasus yang terjadi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta banyak mahasiswa yang akhirnya lulus di atas sepuluh semester. Tujuan penulisan artikel ini untuk menyampaikan hasil pengabdian kepada masyarakat di Jurusan Pendidikan Biologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode pelatihan yang digunakan menggunakan pendekatan tindakan langsung dan hybrid. Langkah-langkah pelatihan yang dilakukan meliputi: pengenalan Elicit, praktik Elicit, evaluasi pasca penggunaan, dan penilaian terhadap Elicit. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini berjumlah 93 orang mahasiswa semester dua. Hasil yang didapatkan di dalam pelatihan ini mahasiswa mampu menggunakan aplikasi Elicit dengan baik. Selain itu, 93 orang mahasiswa yang hadir dalam kegiatan pelatihan ini menyebutkan bahwa aplikasi Elicit mudah untuk digunakan dan dapat menemukan pelbagai kajian terdahulu.The difficulty faced by final-year students is finding previous research similar to previous research. This difficulty makes students delay their final writing. In fact, from several cases at UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, many students graduated in more than ten semesters. The purpose of writing this article is to convey the results of community service at the Department of Biology Education, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. The training method used is a direct approach. The training steps include: Elicit introduction, elicit practice, post-use evaluation, and assessment of Elicit. Participants in this training activity amounted to 93 second-semester students. The results obtained from this training showed that students could use the Elicit application well. In addition, 93 students who attended this training said that the Elicit application was easy to use and could find various previous studies.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...