COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 5 (2022)

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KECURANGAN AKADEMIK YANG DITEMUKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Nasrullah Husen Batu (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA)
Camelia Safitri (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bermaksud agar mengetahui juga mendefinisikan tentang upaya guru dalam mengatasi kecurangan akademik yang ditemukan dalam proses pembelajaran daring selama masa pandemi covid – 19. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Kemudian hasil dari penelitian yang dilaksanakan memperlihatkan jika pengajar sudah berusaha untuk melakukan upaya untuk mengurangi kecurangan akademik terutama saat pembelajaran daring, mulai dari pembiasaan melakukan perbuatan yang baik, menjauhi melakukan perbuatan yang tidak jujur dan mengurangi kebiasaan mencontek agar siswa dapat lebih disiplin menerapkan perilaku jujur dan berbuat baik. Hanya saja masih ada peserta didik yang melakukan kecurangan tersebut tanpa memikirkan kesalahan yang telah mereka lakukan selama pembelajaran. Menurut (Sari dkk., 2021) Pada pembelajaran daring, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Akibatnya banyak diantara mereka yang melakukan kecurangan akademik pada akhirnya kesulitan dalam memahami pembelajaran yang telah diajarkan yang mana mempengaruhi kemampuan belajarnya dimasa mendatang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...