JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua
Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Juni 2020

ANALISIS PENYELENGGARAAN œSETARA DARING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI SATUAN PENDIDIKAN NON FORMAL (SPNF) SKB GUDO KABUPATEN JOMBANG

Silfi Fibrianti (Universitas Negeri Surabaya)
Suhanadji Suhanadji (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Pembelajaran menggunakan SeTARA Daring merupakan pembelajaran dengan memanfaatkan sarana e-learning tanpa terbatasi ruang dan waktu. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis seluruh aspek mengenai penyelenggaraan SeTARA Daring sebagai media pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah melalui penerapan belajar jarak jauh di Satuan Pendidikan Nonformal SKB Gudo. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data yang dilakukan mulai dari Pengumpulan Data, Reduksi Data, Display Data hingga Verifikasi Data. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan Kredibilitas, Dependabilitas, Konfirmabilitas, dan Transferabilitas.Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pertama, penyelenggaraan SeTARA Daring menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang cukup baik dibanding sebelumnya akan tetapi tidak dapat dinilai keorisinilannya dikarenakan seluruh proses pembelajaran didudukung penuh oleh kehadiran internet. Kedua, analisis menunjukkan hasil yang positif dilihat dari aspek waktu yang lebih fleksibel yakni secara online dibanding dengan belajar konvensional di kelas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua acommodate ideas, concept, and results of the research about Non Formal Education to be pulished, such as : 1. NFE programme : equality, citizen vocation, empowerment, elucidation, literacy, and social tuition. 2. NFE unit : Community Learning Center, courses, ...