Urusan wanita bersifat sangat privat yakni mengurus rumah tangga dan keluarganya. Salah satu solusi yang diperjuangkan adalah pendidikan perempuan melalui Sekolah Perempuan. Prinsip-prinsip POD perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara deskriptif pendekatan dan prinsip POD yang diterapkan serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Perempuan menggunakan pendekatan yang berpusat pada masalah dan aktualisasi diri. Sekolah Perempuan menerapkan 7 prinsip POD : belajar adalah berubah, orang dewasa harus ingin belajar, orang dewasa belajar sambil berbuat, lingkungan belajar informal, pendampingan bukan nilai, pembelajaran perempuan sebagai pembelajaran orang dewasa, memberikan kesadaran terhadap potensi diri. Faktor penghambat penerapan prinsip POD adalah peserta didik kurang memahami teknologi dan kurangnya dukungan dari orang terdekat. Faktor pendukungnya adalah motivasi belajar peserta didik tinggi dan dukungan dari desa dengan melibatkan sekolah perempuan di setiap kegiatan desa.
Copyrights © 2020