JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua
Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Juni 2020

ANALISIS PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA PADA SEKOLAH PEREMPUAN DESA KESAMBEN KULON GRESIK

Ulvi Nirmala Kurniasari (Universitas Negeri Surabaya)
Suhanadji Suhanadji (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Urusan wanita bersifat sangat privat yakni mengurus rumah tangga dan keluarganya. Salah satu solusi yang diperjuangkan adalah pendidikan perempuan melalui Sekolah Perempuan. Prinsip-prinsip POD perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara deskriptif pendekatan dan prinsip POD yang diterapkan serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Perempuan menggunakan pendekatan yang berpusat pada masalah dan aktualisasi diri. Sekolah Perempuan menerapkan 7 prinsip POD : belajar adalah berubah, orang dewasa harus ingin belajar, orang dewasa belajar sambil berbuat, lingkungan belajar informal, pendampingan bukan nilai, pembelajaran perempuan sebagai pembelajaran orang dewasa, memberikan kesadaran terhadap potensi diri. Faktor penghambat penerapan prinsip POD adalah peserta didik kurang memahami teknologi dan kurangnya dukungan dari orang terdekat. Faktor pendukungnya adalah motivasi belajar peserta didik tinggi dan dukungan dari desa dengan melibatkan sekolah perempuan di setiap kegiatan desa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua acommodate ideas, concept, and results of the research about Non Formal Education to be pulished, such as : 1. NFE programme : equality, citizen vocation, empowerment, elucidation, literacy, and social tuition. 2. NFE unit : Community Learning Center, courses, ...