Buana Ilmu
Vol 7 No 1 (2022): Buana Ilmu

EFEKTIVITAS BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN PT. LAKSANA LIMA-LIMA (studi pada perumahan Laksana Lima-Lima Residence)

Leo Abdul Azis (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Citra Savitri (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Syifa Pramudita Faddila (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Kehadiran properti industri tidak dapat hanya memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan sector perumahan untuk masyarakat huni, tetapi juga berdampak pada pembangunan sector lainnya. Perumahan laksana lima-lima residence merupakan salah satu produk PT. Laksana Lima-Lima yang ada di daerah karawang dengan beralamatkan Jln. Curug-Kosambi, Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang. Selang beberapa lama departemen penjualan atau departemen pemasaran di perumahan laksana limalima melakukan kegiatan promosi dengan metode sebar brosur untuk masyarakat guna untuk mengetahui informasi mengenai perumaha tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan sebar brosur dan penjelasan kepada konsumen beli 1 unit akan mendapatkan hadiah elektronik gratis belum bisa dikatakan efektif karena hasil kegiatan tersebut hanya meninggkat 50 unit penjualan saja dari target 1000 unit rumah yang akan dibangun, dan setelah kegiatan tersebut penjualan kembali menurun drastis. Selain itu, ditemukan factor penyebab turunnya penjualan setelah bauran pemasaran dilakukan dengan metode sebar brosur, penurunan disebabkan oleh permasalahan internal sehinggal kinerja dari setiap departemen tidak efektif dan efisien, dan ada faktor tambahan lainnya yang menjadi hambatan perusahaan untuk terus berjalan. Kata Kunci: Bauran Promosi, efektivitas, Kepuasan Konsumen The presence of industrial property can not only make a significant contribution to the housing development sector for the people to live in, but also have an impact on other development sectors. Housing like the five-five residences is one of the products of PT. Laksana Lima-Lima in the Karawang area with the address Jln. CurugKosambi, Curug, Klari District, Karawang Regency. After a while the sales department or marketing department in the housing carried out five five promotional activities with the method of distributing brochures to the public in order to find out information about the housing. The method used in this research is a descriptive approach and data collection techniques are carried out by means of observation, interviews, and literature studies. The results show that the implementation of distributing brochures and explanations to consumers who buy 1 unit will get a free electronic gift cannot be said to be effective because the results of these activities only increased 50 units of sales from the target of 1000 housing units to be built, and after the activity again sales decreased drastically. . In addition, it was found that the factors causing the decline after sales of the marketing mix were carried out using the brochure distribution method, which were caused by internal problems so that the performance of each department was not effective and efficient, and there were other additional factors that hindered the company from continuing to run. Keywords: Promotion Mix, Efectivity, Consumer Satisfaction.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BuanaIlmu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Buana Ilmu menerbitkan penelitian, metodologi dan studi kasus tentang semua bidang ilmu secara umum. Naskah ilmiah dalam jurnal ini mengandung data dan informasi yang memajukan ilmu pengetahuan secara umum dan penelitian yang nyata. ...