Buana Ilmu
Vol 7 No 1 (2022): Buana Ilmu

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MATAKULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KETERAMPILAN INFORMASI, MEDIA DAN TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN ABAD 21

Yogi Nugraha (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Tridays Repelita (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pembelajaran daring matakuliah pendidikan kewarganegaraan di Program Studi PPKn FKIP UBP Karawang terhadap keterampilan Informasi, Media Dan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data menggunakan kuesioner penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi PPKn FKIP UBP Karawang yang telah megikuti matakuliah pendidikan kewarganegaraan sebanyak 189 orang mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 25% mahasiswa yang telah megikuti mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dari angkatan 2018 sampai dengan angkatan 2020 jumlahnya sebanyak 48 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X (pembelajaran daring matakuliah pendidikan kewarganegaraan) terhadap variabel Y (keterampilan informasi, media dan teknologi pada pembelajaran abad 21). Besaran nilai koefisien regresi yaitu 0,861 dan besaran nilai konstanta adalah 14,579. Maka, persamaan regresi linier dari data tersebut adalah Y = 14,579+0,861X. Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga peneliti menarik kesimpulan bahwa variabel Pembelajaran Daring Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan (X) berpengaruh terhadap variabel Keterampilan Informasi, Media Dan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21 (Y). Pengaruh Pembelajaran Daring Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Keterampilan Informasi, Media Dan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21 sebesar 0,353 atau 35,3% sementara 0,647 atau 64,7% lainya diduga dipengaruhi oleh hal lain diluar regeresi ini. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Pendidikan Kewarganegaraan, Keterampilan Informasi, Media Dan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21 This study examines the effect of online learning for citizenship education courses in the PPKn FKIP UBP Karawang Study Program on Information, Media and Technology Skills in 21st Century Learning. The approach used in this study is a quantitative approach with a survey method. Collecting data using research questionnaires. The population in this study were students of the PPKn FKIP UBP Karawang study program who had taken citizenship education courses as many as 189 students. The sample in this study was 25% of students who had taken the Citizenship Education course from the 2018 to 2020 batch of 48 students. The results showed that there was a significant effect between variable X (online learning for citizenship education courses) on variable Y (Information, Media and Technology skills in 21st Century Learning). Yogi Nugraha, Tridays Repelita Vol 7 No 1ISSN : 2541 - 6995E ISSN : 2580 - 5517213 | B u a n a I l m uThe magnitude of the regression coefficient value is 0.861 and the magnitude of the constant value is 14,579. So, the linear regression equation of the data is Y = 14.579+0.861X. The significance value is 0.000 <0.05, so the researcher concludes that the online learning variable for Citizenship Education (X) has an effect on the Information, Media and Technology Skills variable in 21st Century Learning (Y). The Effect of Online Learning for Citizenship Education Courses on Information, Media and Technology Skills in 21st Century Learning is 0.353 or 35.3% while 0.647 or 64.7% are thought to be influenced by other things outside this regression. Keywords: Online Learning, Citizenship Education, Information Skills, Media and Technology in 21st Century Learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BuanaIlmu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Buana Ilmu menerbitkan penelitian, metodologi dan studi kasus tentang semua bidang ilmu secara umum. Naskah ilmiah dalam jurnal ini mengandung data dan informasi yang memajukan ilmu pengetahuan secara umum dan penelitian yang nyata. ...