Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan modul yang mengembangkan kemampuan komunikasi matematis dan kecerdasan interpersonal berbasis Dalihan Na Tolu pada 16 siswa kelas VII A SMP Ulun Nuha Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) dengan model penelitian yang diajukan Thiagarajan, Semmel & Semmel yang dikenal model 4D yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara analisis kuantitatif untuk menghitung persentase kelayakan modul. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kevalidan, keefektifan dan kepraktisan modul yang dikembangkan. Modul dinyatakan valid oleh ahli media dengan perolehan persentase kelayakan sebesar 66,3% kategori baik dan ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 95% kategori sangat baik. Modul dinyatakan efektif berdasarkan aktivitas siswa dan penilaian oleh siswa dengan perolehan persentase kelayakan sebesar 84,9% kategori sangat baik. Modul dinyatakan praktis berdasarkan penilaian oleh guru dengan perolehan persentase kelayakan 97,2% kategori sangat baik
Copyrights © 2022