Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (JPMEMA)
Vol. 1 No. 2 (2022): PKM-JPMEMA, December 2022

Implementasi Literasi Finansial Untuk Guru dalam Konteks Pembelajaran Di Sekolah Dasar Wilayah Pisangan Timur Jakarta

Atik Budi Paryanti (Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma)
Rita Intan Permatasari (Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Secara umum literasi tidak lagi diartikan sebagai kegiatan baca tulis, tetapi memiliki makna yang lebih luas yang mencakup pemahaman yang baik terhadap berbagai aspek kehidupan. UNESCO mengartikan literasi atau keaksaraan sebagai rangkaian kesatuan dari kemampuan menggunakan kecakapan membaca, menulis, dan berhitung sesuai dengan konteks yang diperoleh dan dikembangkan melalui proses pembelajaran dan penerapan di sekolah, keluarga, masyarakat, dan situasi lainnya yang relevan untuk remaja dan orang dewasa. Dengan demikian, tampak bahwa literasi begitu penting. Literasi tidak lagi dipahami hanya sebagai transformasi individu semata, tetapi juga sebagai transformasi sosial. Rendahnya tingkat literasi sangat berkorelasi dengan kemiskinan, baik dalam arti ekonomi maupun dalam arti yang lebih luas. Literasi memperkuat kemampuan individu, keluarga, dan masyarakat untuk mengakses kesehatan, pendidikan, serta ekonomi dan politik. Dalam konteks kekinian, literasi tidak lagi hanya sekadar kemampuan baca, tulis, dan berhitung, tetapi juga melek ilmu pengetahuan dan teknologi, keuangan, budaya dan kewargaan, kekritisan pikiran, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia harus menguasai literasi yang dibutuhkan untuk dijadikan bekal mencapai dan menjalani kehidupan yang berkualitas, baik masa kini maupun masa yang akan datang. Lebih lanjut isu keuangan adalah salah satu isu mendasar bagi kehidupan individu dan masyarakat untuk mekanisme kelangsungan hidup. Manusia terlahir sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan manusia lain untuk memenuhi kebutuhan dasar hidup dan bertahan hidup (survive mechanism) sekaligus sebagai konsumen. Pola hidup konsumtif yang tidak proporsional yang tidak sesuai dengan kemampuan pendapatan dan kondisi keuangan akan menyebabkan masalah keuangan. Seorang individu membutuhkan pengetahuan dasar keuangan atau secara umum dikenal dengan istilah literasi keuanganatau literasi finansial. Workshop ini bertujuan untuk sosialisasi dan pencerahan dalam Literasi Finansial untuk Guru di Sekolah Dasar Wilayah Pisangan Timur Jakarta, agar dapat di implentasikan dalam pembelajaran di sekolah, Membekali ketrampilan teknis terkait yang dibutuhkan dalam Literasi Finansial terhadap Guru di Sekolah Dasar Wilayah Pisangan Timur Jakarta. Metode pelaksanaan kegiatan disesuaikan dengan protokol kesehatan yang diatur oleh pemerintah dan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta, maka workshop ini dilaksanakan dengan online melalui media Zoom. Peserta kegiatan ini terdiri dari guru Sekolah Dasar Wilayah Pisangan Timur Jakarta, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma. Dengan jumlah peserta kegiatan PKM sebanyak 89 peserta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmema

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Library & Information Science

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi (JPMEMA) merupakan hasil karya tulis pemikiran ilmiah dari pengembangan kerangka berpikir bersumber dari pengabdian masyarakat yang dilakukan lakukan atau dilaksanakan oleh seseorang dan/atau kelompok. Kami selaku pengelolah berharap ...