Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 3 No 2 (2022): Desember

PENGARUH BAHASA DAERAH BAJO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH PARUMAAN

Wildayanti Wildayanti (Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora/IKIP Muhammadiyah Maumere)
Robertus Adi Sarjono Owon (Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora/IKIP Muhammadiyah Maumere)
Maria Ermelinda Dua Lering (Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora/IKIP Muhammadiyah Maumere)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Masalah pada penelitian ini diangkat dari adanya pengaruh bahasa bajo terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa-siswi kelas vii MTsS Muhammadiyah Parumaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menemukan hubungan antara pengaruh Bahasa Daerah Bajo terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Di MTs Muhammadiyah Parumaan pada T/A 2020-2021. Sebanyak 33 siswa-siswi menjadi populasi penelitian yang dilakukan. Tekniknya yang dipakai yakni sampel jenuh. Pendekatan yang dipakai yaitu pendekatan kuantitatif dengan pola Ex-post facto. Setelah melakukan pengujian normalitas dan pengujian linearitas, maka didapati data bersirkulasi dengan normal. Berdasarkan hasil uji t (uji parsial), diperoleh thitung 3,388 > ttabel 2,039 maka menolak h0 dan menerima  h1. Maka dari itu, dapat kita beri kesimpulan yaitu Bahasa Daerah Bajo memiliki pengaruh atas Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Pada Peserta Didik Kelas VII MTs Muhammadiyah Parumaan.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...