jurnal ilmu keolahragaan
Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Keolahragaan Volume 5 Nomor 2 Tahun 2022

Stimulasi gerak dalam pembelajaran kosakata Bahasa Mandarin

Suhardi Suhardi (Universitas Tanjungpura)
Lily Thamrin (Universitas Tanjungpura)
Tjen Veronika (Universitas Tanjungpura)
Sesilia Seli (Universitas Tanjungpura)
Dwi Riyanti (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Metode pembelajaran yang tepat menjadi salah satu kunci sukses dalam pembelajaran, metode TPR adalah salatu metode yang menerapkan gerak tubuh manusia yang dapat juga diistilahkan sebagai bahasa tubuh yang sangat cocok untuk pengajaran bahasa, terutama bahasa asing seperti bahasa mandarin yang dianggap sulit untuk dipahami, didalam penelitian ini penulis mempraktekkan metode Total Physical Response (TPR) didalam pengajaran untuk melihat keefektifan terhadap penguasaan perkembangan hasil belajar mahasiswa. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengambilan data secara observasi, Pre test dan Post test. Dan hasil yang didapatkan setelah menerapkan metode TPR ini adalah nilai mahasiswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 43% dari nilai rata-rata keseluruhan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode TPR ini sangat cocok untuk digunakan pada pembelajaran bahasa khususnya bahasa mandarin dalam meningkatkan kemampuan dan penguasaan bahasa mandarin sekaligus sebagai motivasi siswa dalam belajar bahasa mandarin. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jilo

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Jurnal Ilmu Keolahragaan focuses on the sport sciences, physical education, sport health, sport tourisme, sport marketing, and sport industry. To be considered for publication, manuscripts must original and relevant to the afore-mentioned ...