Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 11 No 2 (2022): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Pengaruh Konsentrasi Ekstrak Daun Nangka Belanda (Annona muricata L.) Sebagai Biopestisida Terhadap Tingkat Kematian Hama Kutu Putih (Bamisa tabaci) Pada Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.)

Rahmi Rahmi (Universitas Lambung Mangkurat)
Ratna Yulinda (Universitas Lambung Mangkurat)
Sauqina Sauqina (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang pengaruh konsentrasi ekstrak daun nangka belanda (Annona muricata L.) sebagai biopestisida terhadap mortalitas hama kutu putih (Bamisa tabaci) pada tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi ekstrak daun nangka belanda (Annona muricata L.) yang berpengaruh terhadap mortalitas hama kutu putih (Bamisa tabaci) pada tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.) dan menentukan konsentrasi ekstrak daun nangka belanda (Annona muricata L.) yang efektif terhadap mortalitas hama kutu putih (Bamisia tabacĂ­). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan lima pengulangan. Konsentrasi yang digunakan yaitu 20%, 35%, 50% dan 0% sebagai pembanding. Hasil penelitian diuji menggunakan uji one way Anova, dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan secara rata-rata kematian hama kutu putih pada setiap konsentrasi. Konsentrasi ekstrak daun nangka belanda yang berpengaruh terhadap hama kutu putih yaitu pada konsentrasi 50% dengan rata-rata 28%. Berdasarkan hasil analisis uji one way Anova menunjukkan nilai sig 0,002 < 0,05 yang menyatakan bahwa ekstrak daun nangka belanda berpengaruh nyata terhadap keempat perlakuan dengan konsentrasi 50% sebagai perlakuan terbaik dari semua perlakuan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...