Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 11 No 2 (2022): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Lambitu

Syahrul Syahrul (STKIP Bima)
Muh. Nasir (STKIP Bima)
Nurfathurrahmah Nurfathurrahmah (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Kelas XI SMAN 1 Lambitu. Rancangan penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Post-test Control-group, Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI sebanyak 2 kelas dengan jumlah 24 orang. Siswa tersebut aktif belajar di SMAN 1 Lambitu Tahun pelajaran 2021-2022, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester II sebanyak 1 kelas yang berjumlah 12 orang siswa, satu kelas sebagai kelas eksperimen diterapkan model Problem Based Learning dan satu kelas sebagai kelas kontrol tidak diterapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Lambitu, penulis mengumpulkan data hasil belajar kognitif ini adalah dengan menggunakan Lembar soal Post-test, Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan bantuan program computer SPSS 14 For windows pada taraf signifikan 5% sebelum uji hipotesis,data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas data. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Lambitu, hasil ini ditunjukan dengan angka signifikan sebesar 0,019 lebih kecil dari 0,05.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...