Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak
Vol 4, No 2 (2022): September

Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process pada Penilaian Mahasiswa Berprestasi Berbasis Decision Support System

Rizal Furqan Ramadhan (Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggaung)
Kunti Eliyen (PSDKU Polinema Kota Kediri)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Perguruan Tinggi merupakan lembaga pencetak geneari penerus bangsa supaya bisa bersaing dengan negara lain dalam hal kemajuan ekonomi serta teknologi. Mahasiswa merupakan keluaran dari sebuah pendidikan tinggi sebagai generasi penerus bangsa serta sebagai agent of change untuk perubahan negara kedepan. Untuk mengukur sejauh mana kualitas akademik dan non akademik mahasiswa adalah dengan melakukan sebuah proses penilaian. Proses penilaian mahasiswa berprestasi ini akan menghasilkan mahasiswa yang memiliki nilai yang baik pada prestasi di bidang akademik dan non akademik. Komponen penilaian yang digunakan pada penelitian ini antara lain nilai IPK, nilai TOEFL, nilai TOAFL, prestasi akademik/non akademik serta keaktfian organisasi. Penilaian ini diolah menggunakan Decision Support System dengan metode Analytical Hierarchy Process. Metode Analytical Hierarchy Process menggunakan perbandingan berpasangan pada setiap kriteria yang digunakan sampai pada proses perhitungan nilai Consistency Ratio. Dari hasil penelitian didapatkan 3 mahasiswa terbaik dari total sampel 12 mahasiswa. Nilai tertinggi dari ketiga mahasiswa tersebut adalah 0,179. Dari hasil tersebut membuktikan bahwa metode Analytical Hierarcy Process sesuai untuk diimplementasikan pada Decision Support System menilai mahasiswa terbaik karena menggunakan proses matematis yang detail serta terdapat proses prioritas kriteria pada proses perhitungan paling awal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JINRPL

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics and Software Engineering accepts scientific articles in the focus of Informatics. The scope can be: Software Engineering, Information Systems, Artificial Intelligence, Computer Based Learning, Computer Networking and Data Communication, and ...