Abstrak: Riset ini dilaksanakan untuk melihat bagaimana pengimplementasian model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pelajar khususnya pada mata pelajaran Matematika di kelas V di SDN Gunong Kleng. Subjek riset ini berjumlah 18 siswa yang terbagi dari 11 orang anak laki-laki, dan 7 orang anak perempuan yang diteliti pada Tahun Ajaran 2022 semester Ganjil, yakni dari bulan Oktober hingga November. Adapun metode yang diterapkan dalam riset ini adalah Classroom Action Research atau yang dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana dalam pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus. Teknik Observasi dan Evaluasi berupa tes digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil riset menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang siginfikan baik itu pada minat maupun pada hasil belajar siswa kelas V SDN Gunong Kleng selama proses belajar mengajar pada mata pelajaran Matematika. Selanjutnya, indikator kecapaian dalam riset ini adalah pada peningkatan hasil belajar murid baik dari siklus I maupun siklus II dengan KKM yang telah ditentukan di SDN Gunong Kleng yaitu 65.Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar, Jigsaw.
Copyrights © 2022