Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 9, No 2 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 42 LUBUKLINGGAU

Nora Misis Mitasari (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari. Jl. Mayor Toha Kelurahan Air Kuti Kota Lubuklinggau)
Yeni Asmara (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari. Jl. Mayor Toha Kelurahan Air Kuti Kota Lubuklinggau)
Tri Juli Hajani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Silampari. Jl. Mayor Toha Kelurahan Air Kuti Kota Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran time token pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 42 Lubuklinggau”. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan berbentuk one group pre-test dan post-test. Populasi yang diambil seluruh siswa kelas V yang berjumlah 55 siswa dengan teknik simple random sampling dan sampel yang diambil 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk esai. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung (4,94) ≥ ttabel (1,70) maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti rata-rata hasil belajar siswa telah mengikuti pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran time token lebih dari sama dengan 70 (m2 ≥ 70). Kesimpulan penelitian ini yaitu hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 42 Lubuklinggau setelah penerapan model pembelajaran time token secara signifikan tuntas. Kata-kata kunci: Time Token, IPA dan Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...