Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi dalam hasil belajar di SMA Negeri 1 Siantar Tahun Aajaran 2022/2023 sebanyak sejumlah siswa kelas XI IPS total populasi 140 siswa yang terdiri dari 35 siswa laki-laki dan 69 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi,kuesioner angket,dokumentasi,dan sumber data. Hasil penelitian ini yaitu kesulitan belajar ekonomi siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar untuk indikator yang paling dominan berpengaruh adalah indikator kesulitan belajar lingkungan sekolah, Siswa mengalami kesulitan dalam kategori tinggi dalam membantu menjelaskan kepada teman ketika ada yang kurang paham dalam materi pembelajaran sebanyak 50%.Kesulitan belajar ekonomi siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri1 Siantar untuk indikator yang paling dominan berpengaruh adalah indikator kesulitan belajar intelegensi, siswa tidak saat memahami dan menguasai materi ekonomi yang disampaikan oleh guru saat mengikuti proses pembelajaran sebanyak 49% kesulitan belajar kesehatan, siswa mengalami kendala kesehatan fisik yang kurang saat belajar ekonomi pada hasil belajar sebanyak 48,%. Kesulitan belajar ekonomi siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar untuk indikator yang paling dominan berpengaruh adalah indikator kesulitan belajar minat belajar, siswa mengalami kesulitan dalam kategori tinggi dalam memperhatikan kelengkapan buku belajar ekonomi sebanyak 49%.
Copyrights © 2022