Jurnal Sekolah Dasar (JSD)
Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Sekolah dasar

Penerapan Media Augmented Reality Pada Materi Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Dasar

Nur Fauziah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Nafiah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Sri Hartatik (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Sunanto (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Media pembelajaran merupakan sebuah inovasi dalam menghadapi revolusi pendidkan. Media pembelajaran yang terus berkembang berdampak pada peningkatan minat dan hasil belajar. Penerapan media Augmented Reality materi ilmu penegtahuan alam diharapkan dapat meningkatkan literasi sains khususnya di sekolah dasar, karena pemanfaatan media 3 dimensi menjadi lebih flexible, interaktif dan inofatif dengan memanfaatkan benda apapun untuk dijadikan target marker. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menafsirkan penerapan media Augmented Reality materi ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. Hasil review menunjukkan bahwa banyak peneliti yang mengembangkan dan memanfaatkan media Augmented Reality pada berbagai materi ilmu pengetahuan alam, sehingga banyak pengaruh positif meningkatkatnya minat dan hasil belajar belajar dari penerapan media ini seperti pembelajaran pengenalan hewan sesuai jenis makanannya, ekosistem, planrt, hewan bermetafosis sempurna dll. Sehingga, siswa dapat menghasilkan sifat kreatif, kecerdasan emosinya menjadi terukur, dan siswa lebih kompetitif serta kolaboratif dengan teman sebaya nya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Sekolah Dasar (JSD) : merupakan jurnal pendidikan dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UBP Karawang, JSD merupakan media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik pendidikan dasar seperti ...