Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 11 No 1 (2022): Edisi Juni

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MATEMATIKA REKREASI DAN ALAT PERAGA PUPYTHA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Moch. Shalehhudin (STKIP PGRI Situbondo)
Zainul Munawwir (STKIP PGRI Situbondo)
Lisma Dian Kartika Sari (STKIP PGRI Situbondo)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan matematika rekreasi dan alat peraga Pupytha terhadap hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 3 Panji tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 3 Panji yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 81 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII A sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan test dan lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-Test dan menghitung nilai rata-rata kuesioner terhadap sikap seluruh siswa pada setiap indikator model pembelajaran STAD. Hasil analisis menunjukkan: 1) nilai thitung > ttabel atau 7,560 > 2,0067, 2) perhitungan nilai rata-rata kuesioner tiap-tiap indikator menunjukkan kriteria tinggi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada materi teorema Pythagoras antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan matematika rekreasi dan alat peraga Pupytha dan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...