Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4, No 02 (2022): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

PEMBINAAN AKHLAK KARIMAH PARA HAFIZ REMAJA MELALUI MENTORING DI SMAQ AL-IHSAN JAKARTA SELATAN

Siti Bariah (Institut PTIQ Jakarta)
EE Junaedi Sastradiharja (Institut PTIQ Jakarta)
Susanto Susanto (Institut PTIQ Jakarta)
Akhmad Shunhaji (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Tujuan pendidikan Islam sangat lauas sehingga berlaku melindungi kelompok etnis-agama selain Islasm. Pendidikan Islam harus melibatkan manusia dengan sistem yang berwatak berbudi luhur hidup, bermanfaat bagi semua, dan mencipatakan perdamaian lintas bangsa (rahmatan-lil-alamin). Penelitian ini menganalisis pembinaan akhlak karimah para remaja melalui mentoring di SMAQ Al-Ikhsan Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif pendekatan lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan teknik mengalir yaitu reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adalah konsep, perumusan, pelaksanaan, dan evaluasi progam mentoring di SMAQ Al-Ihsan adalah berkaitan dengan pendidikan Al-Qur’an. Mentoring memiliki tujuan untuk membangun akhlak siswa agar sesuai dengan Al-Qur’an. Tujuan akhirnya adalah mentoring bertujuan membangun manusia beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...