Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Vol. 5 No. 1 (2022)

PENGARUH KUALITAS MAKANAN DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN TAMU BANQUET AWAN SEWU HOTEL

Enik Rahayu (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)
Bima Prahar Adilase (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata)
Ganda Subrata (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata)
Henry Yuliamir (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2022

Abstract

Kepuasan tamu merupakan hal yang menjadi prioritas utama yang harus dilakukan pihak manajemen hotel jika menginginkan usaha tersebut dapat berkembang. Pihak manajemen hotel harus menciptakan dan mengelola suatu sistem untuk melayani pelanggan yang semakin bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas makanan dan pelayanan terhadap kepuasan tamu Banquet pada Awan Sewu Hotel. Populasi adalah seluruh tamu yang menggunakaan jasa pelayanan Banquet di Awan Sewu Hotel selama tahun 2021 sebesar 144.462 tamu, dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel Accidental Sampling, yaitu kebetulan tamu tersebut sudah pernah menggunakan jasa di Awan Sewu Hotel minimal lebih dari satu kali. Alat analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian terbukti jika kualitas makanan terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, memberikan pengertian bahwa semakin makanan yang disajikan Awan Sewu Hotel berkualitas, maka akan semakin meningkatkan kepuasan tamu yang menggunakan jasa banquet. Pelayanan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, memberikan pengertian bahwa semakin meningkat kualitas pelayanan yang diberikan Awan Sewu Hotel, maka akan semakin meningkatkan kepuasan tamu yang menggunakan jasa banquet. Hasil pengujian simultan bahwa kualitas makanan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan tamu, memberikan pengertian bahwa semakin pihak Awan Sewu Hotel mampu menghidangkan makanan yang berkualitas dengan ditunjang meningkatnya kualitas pelayanan yang diberikan, maka tentu akan menambah kepuasan tamu.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...