Almufi Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1: April (2022)

Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Ahmad Rustam (Universitas Sulawesi Tenggara)
Maya Yuliana Ahmad (Universitas Sulawesi Tenggara)
Itsnain Al Fajri Husain (Universitas Sulawesi Tenggara)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan model pembelajaran kontekstual. (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan model pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara model pembelajaran kontekstual lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Pada kelas eksperimen pembelajaran menggunakan model pembelajaran kontekstual, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Sampel penelitian ialah siswa kelas VI di dua sekolah yakni berjumlah 15 orang siswa SDN 1 Moramo dan 17 orang siswa SDN 11 Moramo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) dari nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual terdapat peningkatan terhadap hasil kemampuan komunikasi matematis siswa. (2) dari nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol tersebut terjadi signifikan dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran konvensional terdapat peningkatan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. (3) Nilai rata-rata N-Gain eksperimen sebesar 0.6364 termasuk kategori sedang, dan nlai rata-rata N-Gain control sebesar 0.2229 termaksud dalam kategori kurang. Peningkatan kemampuan komunikais matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AJP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Almufi jurnal Pendidikan didirikan sejak tahun 2021, jurnal ini di singkat dengan AJP. Almufi jurnal Pendidikan (AJP) menerima artikel berupa hasil penelitian pada bidang pendidikan secara umum. terkhusus pada perkembangan siswa, belajar dan pembelajaran, serta masalah lain yang berkaitan dengan ...