Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran co-op co-op berbantu media LCD Proyektor pada mata pelajaran Ekonomi. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Sedangkan untuk model pengembangannya sendiri menggunakan 10 langkah pengembangan dari Borg and Gall yang dibatasi pada 5 langkah yaitu persiapan, pengembangan, pelaksanaan, evaluasi, dan revisi. Model ini sebelumnya sudah dinyatakan layak oleh validator materi dan validator media. Adapun diperoleh hasil nilai mean sebelum menggunakan media LCD Proyektor sebesar 31,5 dan nilai mean sesudah menggunakan media LCD Proyektor sebesar 40,1. Sehingga diperoleh hasil peningkatan nilai mean sebesar 8,6. Jika taraf signifikansi 0,025 (p), maka z tabel sebesar 1,96 dan z hitung sebesar 2,81. Jadi karena z hitung > z tabel berarti model pembelajaran CO-OP CO-OP Berbantu media LCD Proyektor “layak” digunakan untuk pembelajaran ekonomi
Copyrights © 2022