Edunomia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 3 No 1 (2022): November

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP BERBANTU MEDIA LCD PROYEKTOR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Study Kasus Kelas X Di MA Nurul Huda Sukaraja)

Atik Mufridatul Khasanah (Universitas Negeri Semarang)
Kardoyo Kardoyo (Universitas Negeri Semarang)
Jarot Tri Bowo Santoso (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran co-op co-op berbantu media LCD Proyektor pada mata pelajaran Ekonomi. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Sedangkan untuk model pengembangannya sendiri menggunakan 10 langkah pengembangan dari Borg and Gall yang dibatasi pada 5 langkah yaitu persiapan, pengembangan, pelaksanaan, evaluasi, dan revisi. Model ini sebelumnya sudah dinyatakan layak oleh validator materi dan validator media. Adapun diperoleh hasil nilai mean sebelum menggunakan media LCD Proyektor sebesar 31,5 dan nilai mean sesudah menggunakan media LCD Proyektor sebesar 40,1. Sehingga diperoleh hasil peningkatan nilai mean sebesar 8,6. Jika taraf signifikansi 0,025 (p), maka z tabel sebesar 1,96 dan z hitung sebesar 2,81. Jadi karena z hitung > z tabel berarti model pembelajaran CO-OP CO-OP Berbantu media LCD Proyektor “layak” digunakan untuk pembelajaran ekonomi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edunomia

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

EDUNOMIA is a journal of economic education of FKIP of Universitas Muhammadiyah Metro. This journal published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, to the entire course of economic education in ...