JURNAL CURERE
Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Curere

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 024868 BINJAI BARAT TAHUN AJARAN 2022

Juwita Tindaon (Universitas Quality Berastagi)
Eti Muliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah kurang maksimalnya hasil belajar PKN siswa menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar  PKN siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar  PKN siswa kelas V. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus Kolerasi Product Moment. Berdasarkan analisis data diperoleh gambaran motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai adalah cukup baik dengan nilai rata-rata 59,60. Sedangkan gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai adalah baik dengan nilai rata-rata 75,93. Diperoleh nilai kolerasi produck moment adalah 0,6825 ada kolerasi yang langsung antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V sebesar 68%.  Berdasarkan hasil perhitungan uji-t  maka H1 diterima atau ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai  Tahun Ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...