Masalah dalam penelitian adalah kurang maksimalnya hasil belajar PKN siswa menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PKN siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PKN siswa kelas V. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus Kolerasi Product Moment. Berdasarkan analisis data diperoleh gambaran motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai adalah cukup baik dengan nilai rata-rata 59,60. Sedangkan gambaran hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai adalah baik dengan nilai rata-rata 75,93. Diperoleh nilai kolerasi produck moment adalah 0,6825 ada kolerasi yang langsung antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V sebesar 68%. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t maka H1 diterima atau ada pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 024868 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022.
Copyrights © 2022