Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2022): Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia

MENINGKATKAN LITERASI DASAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK DAN BACAAN BERBASIS BUDAYA

Murniati Agustian (Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)
Akhila Maureen Marantika (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2022

Abstract

Budaya membaca dan literasi siswa di Indonesia masih rendah, ini terlihat dari hasil beberapa penelitian tentang membaca.  Kecepatan membaca dan pemahaman membaca yang rendah, sangat terkait dengan metode yang diterapkan guru, dan ketersediaan buku-buku yang menarik.  Guru disarankan harus lebih meningkatkan minat membaca dengan  menggunakan metode yang variasi.  Pemanfaatan buku – buku yang menarik seperti buku dongeng, cerita rakyat dapat membantu merangsang pembiasaan siswa dalam membaca. Tahun 2016 terobosan besar untuk mendorong tumbuhnya minat baca dan pembentukan karakter siswa telah dilakukan melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS).  Kegiatan wajib siswa adalah melakukan 15 menit membaca sebelum jam pembelajaran dimulai. Sayangnya, masih ada sekolah yang belum melaksanakan GLS yang sesuai dengan semestinya, ada kendala dan kesulitan seperti memperoleh buku dengan gambar yang menarik.  Salah satu sekolah yang belum sempurna kegiatan literasinya adalah SDN PULAU KELAPA 01 PAGI Kelurahan Pulau Kelapa. Kepala sekolah mengatakan bahwa litetasi masih terseok-seok. Pengabdi  tertantang untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan tujuan memberikan   pelatihan agar guru mampu: melaksanakan program GLS dengan memberikan umpan balik kepada siswa dan pemilihan buku yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Hasilnya guru melaksanakan GLS dengan waktu lebih dari 15 menit karena siswa diminta menulis, memberikan umpan balik, meminta siswa melanjutkan di rumah dan keesokan hari dibahas kembali. Siswa termotivasi menulis karena ada umpan balik dari guru. Ada  peningkatan hasil membaca siswa dilihat dari perkembangan menulisnya. Minat baca siswa belum terukur karena membutuhkan proses panjang, tetapi terlihat bahwa siswa mau membaca bila ditugaskan guru dan memilih buku yang menarik yaitu buku yang terkait dengan budaya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

baktimas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Electrical & Electronics Engineering Social Sciences Other

Description

Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia (P-ISSN 2620-7710 dan E-ISSN 2621-0398) merupakan jurnal yang menjadi wadah bagi penerbitan artikel-artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang Ilmu : 1. Psikologi 2. Komunikasi 3. Hukum 4. Budaya 5. Bahasa 6. Seni Rupa dan Design Jurnal ilmiah ini diterbitkan oleh ...