Jurnal Sosial Humaniora Sigli
Vol 5, No 2 (2022): Desember 2022

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Vivin Handayani (Universitas Panca Marga)
siti fatimah (Universitas Panca Marga)
Firli Maulidiana (Universitas Panca Marga)
Afriliya Nadia Putri Nasution (Universitas Panca Marga)
Ani Anjarwati (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Pengembangan pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA) perlu ditingkatkan baik dari segi perencanaan, penggunaan metode, alat peraga maupun kapasitas guru untuk mengembangkan semua kurikulum dan pengetahuan praktis IPA. Hal ini berguna untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi perkembangan zaman ekonomi global, pendidikan harus mampu mempersiapkan manusia yang mampu bersaing dalam kemajuan teknologi dan peningkatan ilmu pengetahuan. Tujuan riset berikut ialah untuk memakai metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar peserta didik di SDN Sukoharjo Kota Probolinggo. Metodologi yang digunakan dalam riset berikut ialah kuantitatif. Hasil tes pemahaman menunjukkan bahwa hanya 13 peserta didik atau 46 persen dari total 28 peserta didik di kelas IV yang lulus, sedangkan 15 peserta didik dengan persentase 53 persen tidak mengetahui silabus dengan baik. Ketika lebih dari 5 peserta didik gagal mengoreksi bahan ajar dalam ujian. Sebanyak 23 mahasiswa bisa lulus dengan tingkat keberhasilan 82%. Riset telah menunjukkan bahwa dalam pendidikan tradisional, pembelajaran peserta didik meningkat setelah ujian di ruang kontrol, tetapi pertumbuhan pengetahuan lebih rendah daripada di kelas jigsaw. Kata kunci: Ilmu Pengetahuan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSH

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan ...