Journal Nursing Research Publication Media (NURSEPEDIA)
Vol. 1 No. 3 (2022): Journal Nursing Research Publication Media (NURSEPEDIA)

Hubungan Persepsi Tentang Covid-19 dengan Kecemasan Ibu Hamil Pengunjung Poli Kandungan di Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Khadijah: The Correlation between Perceptions about COVID-19 and Pregnant Women Visitors' Anxiety in the Obstetrics Polyclinic at the Siti Khadijah Gurah Muhammadiyah Hospital.

Andika Siswoaribowo (STIKES Karya Husada Kediri)
M. Taukhid (STIKES Karya Husada Kediri)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Latar Belakang: Pandemi COVID-19 berdampak pada kesehatan ibu. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi tentang COVID-19 dengan kecemasan ibu hamil pengunjung poli kandungan di Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Khadijah Gurah.  Metode: Penelitian ini menggunakan korelasi dengan pendekatan uji Spearman. Populasi dalam penelitian ini 57 ibu hamil dengan sempel 50 ibu hamil menggunakan tehnik Accidental sampling. Alat ukur yang digunakan kuesioner Health Belief Model dan kuesioner Parinetal Anxiety Screening Scale. Pengolahan data  dengan uji statistic Sperman Rank. Hasil: Hasil penelitian variabel independen menunjukkan sebagian besar (54%) persepsi ibu hamil dengan kategori tinggi. Variabel dependen menghasilkan sebagian besar (56%) kecemasan dengan kategori ringan. Analisis menggunakan uji Spearman rank hasil p – value = 0.029 < α 0,0. Kesimpulan: Ada hubungan persepsi tentang COVID-19 dengan kecemasan ibu hamil pengunjung poli kandungan di Rumah Sakit Muhammadiyah Siti Khadijah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nsp

Publisher

Subject

Nursing

Description

Journal Nursing Research Publication Media (NURSEPEDIA) merupakan jurnal ilmiah keperawatan yang menerbitkan temuan-temuan hasil penelitian dalam bentuk artikel. Focus pada jurnal ini adalah original article, systematic review and meta-analysis, dan case study. Journal NURSEPEDIA mengundang perawat ...