Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 4 (2022)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAJALAH PINTAR EDUKATIF IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IV

Windar Yanti (Unknown)
M. Taufik (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Indhira Asih Vivi Yandari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media majalah pintar edukatif, bagaimana kelayakan media majalah pintar edukatif dan bagaimana respon peserta didik menggunakan majalah pintar edukatif pada peserta didik kelas IV MI Al-Khairiyah Pipitan. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan model pengembangan 3D (Theree-D) yang terdiri dari tiga tahapan, tahap penetapan (define), tahap perangcangan (design)  dan tahap pengembangan (Development). Untuk menguji kelayakan media pembelajaran ini, dilakukan uji coba validasi ahli. Validasi ahli dilakukan oleh validasi instrumen, ahli media, ahli materi dan bahasa dengan subjek penelitian yaitu 20 peserta didik kelas IV MI Al-Khairiyah. Dari data yang diperoleh, media majalah pintar edukatif ini mendapatkan rata-rata skor validasi ahli sebesar 92% sehingga mendapat kategori “sangat layak” dan mendapat rata-rata skor sebesar 90% dari respon siswa dan masuk dalam kategori “sangat layak”. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran majalah pintar edukatif ini layak digunakan. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...