Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 6 (2022)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DALAM PROSES PENCAPAIAN PENDIDIKAN BERKUALITAS PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SD CENDEKIA ISLAMIC SCHOOL SERANG-BANTEN

Diki Akmal Wildan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Indhira Asih Vivi Yandari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Istinganatul Ngulwiyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini membahas menngenai potret gambaran pelaksanaan pembelajaran daring dalam pencapaian pendidikan berkualitas pada era revolusi industri 4.0 di SD Cendekia Islamic School. Meliputi proses gambaran pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru serta gambaran hasil yang diperoleh siswa selama pembelajaran daring dilaksanakan. Pembelajaran daring sendiri dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2O2O tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan yang salah satu poin nya menyebutkan Belajar dari Rumah selama darurat penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19) dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol penanganan COVID-19 (KEMENDIKBUD, 2020). Yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan di rumah sehingga guru dan siswa harus melaksanakan pembelajaran daring. Pembelajaran daring sendiri adalah pembelajaran yang dilakukan menggunakan teknologi sebagai wadah dan media nya. Namun terdapat hikmah dari pelaksanaan pembelajaran daring ini, yaitu orientasi mengenai pembelajaran berkualitas pada era digital atau era revolusi  industri 4.0. Di era ini, perkembangan teknologi yang begitu pesat terjadi sehingga membuat pergeseran paradigma mengenai cara belajar dari manusia yang lebih kompleks dan beragam. Tentu hal ini lah yang mendasari bahwa sudah seharusnya siswa mengerti dan bisa mengembangkan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam pembelajaran daring. Dan tentunya hal tersebut juga berafiliasi dalam pencapaian pendidikan berkualitas di era ini dengan kemampuan serta keterampilan yang harus dimiliki siswa pada era digital atau era revolusi industri 4.0. Yaitu, pendidikan karakter, literasi, dan 4C (critical thinking, creativity, communication and collaboration). Penelitian yang dilakukan ialah penelitian dengan pendekatan kualitatif, metode deskriptif. Dalam kegiatan penelitian ini peneliti mencoba untuk menggambarkan seluruh peristiwa maupun fenomena yang terjadi selama proses penelitian, terutama peristiwa yang berhubungan dengan tujuan dan fokus penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...