Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 4 (2022)

PENANAMAN SIKAP NASIONALISME DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Ahmad Sholeh (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
Moch. Miftachur Rizki (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Kota Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menemukan sikap nasionalisme siswa, upaya guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme dan kendala yang dihadapi guru kelas dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di MI al-Ma’arif 04 Singosari Malang. Hal ini disebabkan semangat nasionalisme ini mengalami kemunduran. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif guna menggambarkan fenomena secara utuh serta menyeluruh melalui pengumpulan data dan disusun dalam bentuk narasi. Teknik pengumpulan data memakai wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya secara umum analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa para siswa Madarasah Ibtidaiyah sudah mempunyai sikap nasionalisme yang baik dengan pemahaman akan nasionalisme yang sudah sesuai standart. Untuk mewujudkan sikap nasionalisme ini secara real guru kelas telah mengupayakannya melalui cara; 1) kegiatan akademik dan 2) kegiatan non akademik seperti; melaksanakan upacara bendera, memperingati hari besar nasional seperti halnya Sumpah Pemuda, Hari Santri, dan lain sebagainya. dan melaksanakan kegiatan Pramuka. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh guru kelas dalam menanmkan sikap nasionalisme tidaklah berarti dan dapat diatasi. Oleh karena itulah guru kelas harus selalu meningkatkan proses penanaman sikap nasionalisme ini agar supaya bangsa Indonesia tetap kokoh akan persatuan dan kesatuannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...