Jurnal Serunai Matematika
Vol 14, No 2 (2022): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA (JSM)

PERMASALAHAN PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Cica Ayu Astria Br Ginting (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Budidaya Binjai)
Alviona Devieta (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Budidaya Binjai)
Silviyana Br Trg (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Budidaya Binjai)
Sanimah Sanimah (stkip budidaya)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19, setiap kegiatan yang dilakukan di luar ruangan dan bersosialisasi dengan orang lain dibatasi untuk mengindari penyebaran virus Covid-19.  Begitu pula pada dunia pendidikan, banyak sekolah ditutup dan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan pembelajaran daring pada pembelajaran matematika di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Pembahasan pada penelitian ini berfokus pada definisi pembelajaran daring, pendapat para ahli, masalah pembelajaran daring pada pelajaran matematika di masa pandemic covid-19, yang bersumber dari analisis jurnal-jurnal nasional relevan yang digunakan sebagai referensi. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan terdapat beberapa permasalahan pembelajaran daring pada pelajaran matematika di masa pandemi antara lain pendidik mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi dan kurang kesiapan pendidik dalam mengajar. Sedangkan permasalahan yang dihadapi peserta didik yaitu kebutuhan kuota, ada peserta didik yang tidak memiliki handphone dan pemahaman peserta didik terhadap pelajaran matematika.Kata kunci : pandemi Covid-19, pendidikan, pembelajaran daring, matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jf

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Serunai Matematika adalah jurnal yang berisi karya ilmiah yang berhubungan dengan pendidikan ...