JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 6 No. 2 (2022): JATI Vol. 6 No. 2

GAME EDUKASI PENGENALAN AKSARA JAWA UNTUK MENAMBAH PENGETAHUAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADDIE BERBASIS ANDROID

Mustofa, Kafit (Unknown)
Suarna, Nana (Unknown)
Rinaldi Dikananda, Arif (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2022

Abstract

Pemahaman tentang aksara jawa perlu diberikan sejak dini dengan cara yang mudah dimengerti kepada anak. hal ini berkaitan karena aksara jawa merupakan bagian dari warisan leluhur bangsa Indonesia yang wajib dilestarikan. Fokus pada penelitian ini membuat game edukasi pengenalan aksara jawa untuk anak yang bisa digunakan kapanpun. manfaat dari penelitian yang dilakukan yakni akan menjadi salah satu alternatif sebagai media pembelajaran pengenalan aksara jawa agar memotivasi siswa agar semangat untuk mempelajari aksara jawa.Penelitian dan pengembangan game ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemtation, Evaluasi).Dengan adanya game edukasi ini peneliti berharap agar digunakan sebagai fasilitas media pembelajaran yang bisa membantu anak-anak dalam mengenal aksara jawa di lingkungan Mts Al-Washliyah Talun Cirebon.Teknik analisis data menggunakan pengujian validitas, pengujian reabilitas, pengujian normalitas, serta pengujian hipotesis. Hasil dari sebuah penelitian menyatakan uji hipotesis nilai t-hitung 1.838 < nilai t-tabel sebesar 2.045 maka Ha diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan game edukasi aksara jawa sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pengetahuan siswa-siswi di Mts Al-Washliyah Talun Cirebon

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...