AGRISE
Vol 10, No 1 (2010)

Analisis Efisiensi Pemasaran Jeruk Manis

Djoko Koestiono (Department of Agricultural Socio-Economics, Agriculture Faculty, Brawijaya University)
Ahmad Agil (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2010

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain : (1) Menginventarisir berbagai saluran pemasaran serta fungsi-fungsi pemasaran jeruk manis di daerah penelitian. (2) Menganalisis tingkat efisiensi pemasaran jeruk manis melalui analisis marjin pemasaran, pendekatan efisiensi harga dan operasional pada setiap saluran pemasaran di daerah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, hasil analisis marjin pemasaran menunjukkan pada saluran I marjin total adalah sebesar Rp. 2.500/kg dan saluran II marjin total adalah sebesar Rp. 3.500/kg. Hasil analisis efisiensi pemasaran dengan pendekatan analisis efisiensi harga pada lembaga pemasaran jeruk manis di daerah penelitian sudah dapat dikatakan efisien. Hal ini disebabkan karena rata-rata biaya yang dikeluarkan masih relatif lebih kecil dibandingkan dengan selisih harga yang didapat oleh masing-masing lembaga pemasaran jeruk manis (output lebih besar daripada input). Sedangkan analisis efisiensi operasional pada fungsi transportasi sudah tercapai pada masing-masing saluran pemasaran. Hal ini dikarenakan rata-rata kapasitas angkut di tiap-tiap lembaga pemasaran sudah sesuai dengan kapasitas angkut normalnya.   Kata kunci : efisiensi pemasaran, saluran pemasaran

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

AGRISE

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

AGRISE adalah Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian yang berada di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait. Jurnal ini diterbitkan pertama kali pada tahun 2001 oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian FPUB. Pada tahun ...