PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat
PENGABDI: VOL. 3, NO.2 (2022)

Pelatihan Membuat Instrumen Tes Diagnostik Four Tier Test pada Guru SMAN 11 Makassar

Andi Sri Astika Wahyuni (Jurusan Pendidikan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Agus Wartawijaya (Jurusan Pendidikan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Mutahharah hasyim (Jurusan Pendidikan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Husain Husain (Jurusan Pendidikan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah masyarakat guru SMAN 11 Makassar. Masalahnya adalah: (1) Kurangnya pemahaman masyarakat guru tentang tes diagnostik untuk menjaring konsepsi awal peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran, (2) Kurangnya kemampuan dan keterampilan masyarakat guru untuk membuat instrumen tes disgnostik yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran. Sasaran eksternal adalah intrumen tes diagnostic four tier test yang dapat digunakan untuk menjaring konsepsi awal peserta didik. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) masyarakat guru fisika telah memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengembangkan metode pembelajaran di kelas sesuai dengan kondisi/kebutuhan peserta didik, dan (2) memiliki pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan bagi masyarakat guru untuk merancang pembelajaran fisika berdasarkan konsepsi awal yang dimiliki peserta didik, sehingga materi ajar dan metode yang digunakan dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kata kunci: tes diagnostik four tier test.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pengabdi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

PENGABDI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar. Jurnal ini menerbitkan artikel laporan hasil program pengabdian masyarakat yang bersifat multidisiplin, baik itu dalam bidang pendidikan, sosial ekonomi, budaya, dan ...