Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2022)

Pelatihan Mendesain Media Pembelajaran Animasi pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kabupaten Bengkulu Tengah

Dian Eka Chandra Wardhana (Universitas Bengkulu)
Suryadi Suryadi (Universitas Bengkulu)
Noermanzah Noermanzah (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Media pembelajaran animasi merupakan alat utama guru bahasa Indonesia dalam memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa terutama di masa Pandemi Covid-19. Faktanya, masih banyak guru bahasa Indonesia tingkat SMP, khususnya di Kabupaten Bengkulu Tengah yang belum mampu mendesain media pembelajaran animasi. Untuk itu, dalam pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan menjelaskan hasil pelatihan mendesain media pembelajaran animasi pada masa Pandemi Covid-19 bagi guru bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode pelatihan dilaksanakan secara daring melalui Zoom dengan teknik diskusi, ceramah, dan pendampingan. Hasil dari pelatihan ini yaitu pemahaman para kepada guru bahasa Indonesia dalam mendesain media pembelajaran animasi dengan aplikasi Renderforest, Powtoon, dan VideoScribe sebesar 75% dan keterampilan dalam mendesain media pembelajaran animasi baru 53% dari 28 jumlah peserta yang hadir dalam pelatihan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalinovasi

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

JURNAL INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT PENDIDIKAN ADDITIONAL MENU EDITORIAL TEAM PEER REVIEWER PEER REVIEW PROCESS PUBLICATION ETHICS FOCUS AND SCOPE AUTHOR GUIDELINES OPEN ACESS POLICY COPYRIGHT NOTICE ONLINE SUBMISSION TEMPLATE Hasil gambar untuk template icon VISITORS StatCounter - Free Web Tracker ...