cover
Contact Name
Syafryadin
Contact Email
syafryadin@unib.ac.id
Phone
+6285256498365
Journal Mail Official
jurnalpengabdianmpbing@gmail.com
Editorial Address
JL.RAYA KANDANG LIMUN POST CODE: 38123
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 27746194     EISSN : 27743667     DOI : http://doi.org/10.33369/jurnalinovasi
Core Subject : Education, Social,
JURNAL INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT PENDIDIKAN ADDITIONAL MENU EDITORIAL TEAM PEER REVIEWER PEER REVIEW PROCESS PUBLICATION ETHICS FOCUS AND SCOPE AUTHOR GUIDELINES OPEN ACESS POLICY COPYRIGHT NOTICE ONLINE SUBMISSION TEMPLATE Hasil gambar untuk template icon VISITORS StatCounter - Free Web Tracker and Counter JIPMP Visitor TOOLS Crossref Member Badge Journal Help USER Username syafyadin Password ••••••••• Remember me NOTIFICATIONS View Subscribe LANGUAGE Select Language English JOURNAL CONTENT Search Search Scope All Browse By Issue By Author By Title Other Journals FONT SIZE Make font size smallerMake font size defaultMake font size larger INFORMATION For Readers For Authors For Librarians KEYWORDS Bee pollen, Biskuit, Pangan fungsional Big Book, Karakteristik, Keterampilan, Kognitif, Media Pembelajaran Bimtek Blended Learning, English Proficiency, TOEFL Brownies, Modified Cassava Flour, Produk Pangan, Ubi Kayu Democracy, Election, Beginner Voters, Political Education English ability Islamic FEFAC Karya ilmiah Labanu Village, Geological Map, Development Acceleration Mendeley PTK Pelatihan Pengelola sitasi dan referensi Tourism, Economy, Programs, Syari Beach. bahan ajar cerita, storytelling, Whatsapp Group kajian pustaka, genre-based method, artikel jurnal internasional, guru professional keterampilan membaca media pemanfaatan teknologi, google classroom, Pembelajaran Jarak Jauh HOME ABOUT LOGIN REGISTER SEARCH CURRENT ARCHIVES ANNOUNCEMENTS Home > About the Journal > Editorial Policies EDITORIAL POLICIES Focus and Scope Section Policies Peer Review Process Publication Frequency Open Access Policy Archiving Publication Ethics and Malpractice Statement Subscribe Policy Indexing and Abstracting Author Fees Author Guidelines Open Access Policy Screening for Plagiarism Copyright Notice FOCUS AND SCOPE The aim of this journal is to publish community service articles that explore the application of any field in education. This journal focuses on education practices. The article could be written in Indonesian or English. Sub topics can be as follows: 1. English Education 2. Language Education 3. Social Education 4. Natural Science Education 5. Primary Education 6 Sports Education 7. Educational Management 8. Technology of Education 9. Other fields of education
Articles 48 Documents
PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROM DAN SCREENCASTIFY DI ERA NEW NORMAL Etika Rachmawati; Leni Irianti; Mohamad Ijudin
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.816 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v1i2.14994

Abstract

Pada masa pandemik, pendidikan menitik beratkan kepada pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa secara terpadu. Teknologi sebagai instrumen untuk mengarahkan peserta didik menjadi manusia mandiri yang terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, dan kreatif. Teknologi yang di gunakan dalam pengabdian ini adalah Mobile Assisted Language Learning dan memperkenalkan model pembelajaran baru yaitu Google Classroom Model. Pemberlakuan model pembelajaran baru ini menuntut guru untuk senantiasa kreatif dalam menerapkan teknik pengajaran. Salah satunya yaitu dengan rekaman video dengan screen castify. Berdasarkan analisis situasi dan fakta di lapangan, maka dalam pengabdian kepada masyarakat ini dapat diidentifikasi permasalahan sebagai berikut: guru-guru Sekolah Dasar di Kabupaten Ciamis belum memiliki pemahaman dalam mengimplementasikan model tersebut dalam era New Normal. Dengan demikian perumusan masalah yang bisa dirumuskan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: apakah pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru-guru sekolah dasar dimasa pandemic COVID 19.
PELATIHAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS DALAM PENGGUNAAN FLIPPED CLASSROOM MODEL DI ERA LITERASI DIGITAL Leni Irianti; Etika Rachmawati; Lilies Youlia Friatin
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.239 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13219

Abstract

Model pembelajaran Flipped Classroom merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat tergantung kepada teknologi. Saat ini teknologi memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas siswa dalam proses pembelajaran. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa para guru bahasa Inggris sangat antusias mengikuti pelatihan. Selain itu, para guru bahasa Inggris mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Guru-guru dalam hal ini memegang peranan penting sebagai fasilitator dalam meningkatkan kualitas siswa, yaitu melatih siswa untuk mandiri dan siap bersaing di era dunia digital.
Pelatihan Penulisan Kajian Pustaka Artikel Jurnal Ilmiah Berbahasa Inggris Bagi Guru Sekolah Menengah di Kota Lahat Sumatera Selatan Safnil Safnil; Syahrial Syahrial; Azwandi Azwandi
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.06 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v2i1.19084

Abstract

Menulis kajian pustaka untuk artikel jurnal berbahasa Inggris merupakan tugas yang cukup sulit termasuk bagi guru bahasa Inggris, karena membutuhkan pengetahuan tentang Move dan Step dan keterampilan menulis yang benar dan efisien dalam bahasa Inggris. Tujuan pelatihan ini adalah untuk mengajar dan membimbing guru bahasa Inggris di Kota Lahat Sumatera Selatan dalam menulis kajian pustaka untuk artikel jurnal berbahasa Inggris. Pelatihan diikuti oleh 21 orang guru bahasa Inggris yang dilakukan secara tatap muka dan virtual. Sebelum dan setelah pelatihan, guru bahasa Inggris tersebut diminta untuk mengisi angket yang telah disiapkan. Hasil pelatihan dan pendampingan menunjukkan bahwa sebagain guru merasa menulis kajian pustaka susah dan sebagian lagi tidak namun sebagian besar mereka bersikap positif terhadap menulis artikel untuk jurnal internasional dalam bahasa Inggris. Setelah pelatihan sebagian besar peserta pelatihan meraka bahwa metode pelatihan yang digunakan efektif, pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menulis kajian pustaka semangkin baik dan motivasi mereka dalam menulis artikel semangkin tinggi. Sebaiknya pelatihan menulis karya ilmiah seperti artikel jurnal semangkin sering dilakukan untuk guru bahasa Inggris dengan bekerjasama dengan perguruan tinggi terdekat agar mereka makin mahir daam menuis karya ilmiah. 
PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL NASIONAL UNTUK GURU BAHASA INGGRIS DI KOTA BENGKULU Ira Maisarah; Safnil Safnil; Dedi Sofyan
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.208 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13359

Abstract

Menulis artikel dan memublikasikannya di jurnal nasional atau jurnal internasional merupakan salah satu prasyarat yang harus dilakukan oleh guru untuk mengajukan kenaikan pangkat ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam hal ini, guru Bahasa Inggris, khususnya yang ada di Kota Bengkulu mengalami kesulitan dalam menulis artikel jurnal ilmiah. Mereka kesulitan untuk mengembangkan ide dalam menulis artikel jurnal ilmiah. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para guru bahasa Inggris dalam menulis artikel jurnal ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal nasional. Pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru bahasa Inggris dalam menulis artikel jurnal Nasional. Kegiatan ini menggunakan konsep workshop dengan beberapa kegiatan proses seperti presentasi materi, penulisan artikel, dan bimbingan teknis. Berdasarkan hasil pelatihan terbukti bahwa pengetahuan dan kemampuan para guru bahasa Inggris semakin baik setelah mengikuti pelatihan ini. Hasil angket menunjukkan> 80% peserta pelatihan memberikan respon yang positif. Selain itu, analisis data hasil uji regresi juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelatihan menulis artikel jurnal terhadap kemampuan guru bahasa Inggris di Kota Bengkulu. Nilai Sig = 0,002 <0,025 artinya hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, pelatihan menulis artikel jurnal nasional berdampak pada perubahan guru bahasa Inggris di Kota Bengkulu.
Percepatan Pembangunan Desa Labanu Kabupaten Gorontalo Melalui Pembuatan Peta Geologi Aang Panji Permana; Ronal Hutagalung; Muhammad Kasim
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.639 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21219

Abstract

Peta geologi desa dibuat berdasarkan data primer dan sekunder, yang menggambarkan kondisi geologi desa tersebut, seperti jenis batuan, penyebaran, hubungan antar batuan, struktur geologi, dan sebagainya dan dibuat dengan skala 1:5.000, 1 : 10.000 atau 1 : 15.000. Peta geologi desa dapat digunakan sebagai acuan desa dalam mengembangkan potensi desa khususnya dalam aspek sumberdaya mineral dan batuan, potensi geowisata, geologi teknik, geologi lingkungan, serta objek belajar kebumian bagi siswa-siswa di desa tersebut. Selain itu, peta geologi desa juga dapat digunakan sebagai sumber informasi ancaman bencaba geologi yang ada di desa tersebut. Bencana geologi yang dimaksud adalah gempa bumi, tanah longsor, gunung api, tsunami, serta bahaya likuifaksi. Tujuan pengabdian membuat peta geologi desa Labanu untuk menjadi data pendukung percepatan pembangunan desa. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan metode kajian pustaka dan orientasi medan serta survei geologi lapangan. Hasil dari pengabdian ini menghasilkan peta geologi Desa Labanu yang didalamnya memuat satuan batuan, struktur geologi dan stratigrafi daerah Labanu.
BLENDED LEARNING STRATEGY: ALTERNATIF PEMBELAJARAN TOEFL BAGI GURU-GURU MGMP NON-BAHASA INGGRIS Santiana Santiana; Ratu Sarah Pujasari; Asri Siti Fatimah
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1331.723 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v1i2.15883

Abstract

The importance of English proficiency for non-English MGMP teachers cannot be overstated. In order to receive an appropriate score for further studies or other reasons, they must be able to answer the Test of English as a Foreign Language (TOEFL) questions correctly and properly. One of the challenges for Non-English MGMP teachers in answering TOEFL questions is that they do not know the format of the questions in the exam, as well as the time constraints to learn about TOEFL because most of them are already busy with their daily work, namely teaching. Based on current issues, the use of suitable Learning Media is a solution for learning TOEFL with the assistance of teachers who can direct them to learn effectively and efficiently. To address these issues, the Blended Learning TOEFL implementation is the best approach for learning TOEFL for Non-English MGMP Teachers. This is accomplished by integrating face-to-face and online learning methods. 
PELATIHAN MENJADI GURU BAHASA INGGRIS KREATIF DAN MILENIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BENGKULU TENGAH Syahrial Syahrial; Syafryadin Syafryadin
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.96 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13412

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh para guru di Kabupaten Bengkulu Tengah yang dianggap masih banyak yang kurang tersentuh dengan teknologi dan metode pengajaran bahasa Inggris yang diterapkan masih dianggap monoton. Oleh karena itu perlu diberikan bekal pengetahuan tentang guru yang kreatif dan milenial melalui pelatihan. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih dan mewujudkan habituasi pada guru Bahasa Inggris di Kabupaten Bengkulu Tengah agar menjadi guru yang kreatif dan milenial sebagai implementasi dari revolusi industri 4.0. Kreatif tidak hanya pandai menggunakan media, namun juga menerapkan metode atau teknik mengajar bahasa Inggris yang sesuai. Dalam melaksanakan kegiatan ini, metode pengabdian dilakukan dalam bentuk pengajaran dan pelatihan serta evaluasi. Kegiatan pengadian ini terkait dengan Dinas pendidikan di Provinsi Bengkulu dan instansi pendidikan di Kabuapen Bengkulu Tengah khususnya Sekolah Menengah Pertama di Bengkulu Tengah. Dinas pendidikan dan instansi terkait merupakan lembaga yang memiliki visi yang sama dengan tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat ini yakni mencerdaskan kehidupan Bangsa Indonesia. Kegiatan evaluasi pada pengabdian masyarakat ini terkait semua hal yang terjadi dalam proses pelaksanan kegiatan. Hal ini dimulai dari tahap awal berupa persiapan yang meliputi pengamatan lapangan (pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bengkulu Tengah). 
Pengolahan Bee Pollen Sebagai Pangan Fungsional Pada Biskuit Ulfah Anis; Syafnil Syafnil
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 2, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.567 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v2i1.19120

Abstract

Bee pollen mengandung nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Kandungan nutrisi tersebut misalnya asam amino, serat kasar, vitamin, mineral Fe dan Zn serta antioksidan. Kandungan nutrisi tersebut memiliki fungsi masing-masing pada tubuh ketika dikonsumsi. Mineral Fe dapat mencegah anemia. Mineral Zn dapat mencegah terjadinya stunting pada anak. Kandungan lain pada bee pollen yaitu antioksidan. Antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas. Pembuatan biskuit sebagai cemilan sehari-hari relatif mudah dan cepat. Selain itu, biskuit juga memiliki umur simpan yang lama, sehingga biskuit dapat dijadikan stok atau simpanan cemilan sehari-hari. Pengolahan bee pollen sebagai bahan substitusi dapat memberikan pengetahuan sebagai salah satu contoh pengolahan bee pollen pada produk pangan. Bee pollen yang diproduksi di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum belum diolah menjadi produk pangan. Bee pollen yang sudah diproduksi di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk diolah menjadi produk pangan yaitu biskuit. Praktek pengolahan bee pollen di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum menjadi bahan substitusi dalam pembuatan biskuit merupakan salah satu cara pemanfaatan bee pollen yang telah diproduksi tersebut. Praktek pembuatan biskuit dari bee pollen tersebut diikuti oleh siswa dan guru di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum. Siswa dan guru turut yang mengikuti praktek tersebut terlihat antusias dalam membuat biskuit dari bee pollen. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan pengetahuan baru bagi siswa dan guru di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum.
PELATIHAN PENULISAN DRAF PROPOSAL PTK BAGI GURU BAHASA INDONESIA KELOMPOK MGMP SMP DI KABUPATEN REJANG LEBONG Didi Yulistio
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.53 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v1i2.14262

Abstract

Tujuan Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk memberikan pengalaman menulis proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK), khususnya, perubahan pola pikir (mindset) sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam menulis draf proposal PTK bagi guru Bahasa Indonesia Kelompok MGMP SMP N/S di Kabupaten Rejang Lebong. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rejang Lebong Jalan Basuki Rahmad No 06 Curup pada hari Rabu, 19 Februari 2020, Pukul 08.00 s.d 16.00 WIB., dengan peserta sebanyak 30 orang. Kegiatan ini menggunakan metode Bimbingan Teknis melalui ceramah, tanya jawab, diskusi terpimpin, dan demonstrasi praktis. Narasumber kegiatan dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu, dengan presentasi materi penulisan draf proposal PTK, mencakup judul, permasalahan PTK, Kerangka Teori, dan Metode Pelaksanaan PTK melalui tiga tahapan, yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi dan pelaporan hasil kegiatan. Target capaian kegiatan, yakni perubahan pola pikir sikap, pengetahuan, dan keterampilan guru bahasa Indonesia dalam menulis draf proposal PTK dan tersusunnya laporan hasil Pengabdian pada Masyarakat serta luaran berupa artikel Jurnal PPM. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan telah mengubah pengetahuan dan keterampilan guru bahasa Indonesia dalam menulis draf proposal PTK secara baik dan bermakna. Terlihat dari keterampilan guru dalam merumuskan judul dan bagian permasalahan PTK. Pelatihan ini juga telah mengubah aktivitas pola pikir (mindset), khususnya sikap guru bahasa Indonesia yang menyatakan hasil kegiatan dalam menulis draf proposal PTK penting dan bermanfaat. Hal ini tampak dari aktivitas peserta yang bersemangat dalam mengikuti proses pembimbingan dan diskusi menyusun judul dan permasalahan PTK serta bukti hasil evaluasi yang secara umum menyatakan sangat bermanfaat. Harapan peserta, bahwa kegiatan ini perlu ada tindak lanjut, baik melalui bimtek mandiri secara online melalui WA, maupun kegiatan pelatihan lanjutan penyusunan kerangka teori dan metodologi penelitian hingga penelitian di kelas serta tersusunnya laporan PTK  dan artikel untuk jurnal ilmiah. 
Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Big Book Pada Guru Sekolah Dasar di Kota Metro Srikandi Octaviani; Alif Via Sufianti; Hanifah Fitria Azizah; Winie Setia Prilapnita Hapsari; Winda Maharani
Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.322 KB) | DOI: 10.33369/jurnalinovasi.v2i2.21420

Abstract

 Tujuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang mudah dibuat, praktis, yang sesuai dengan tujuan capaian pembelajaran, sesuai dengan karakteristik dan perkembangan kognitif peserta didik, dan peserta mampu memahami konsep, tata cara membuat serta mampu mengimplementasikan Big Book pada proses kegiatan belajar di kelas. Dalam pelaksanaan kegiatan ini menerapkan beberapa metode diantaranya adalah In house Training, ceramah dan mentoring. Adapun hasil dari pelatihan dan pendampingan ini melatih keterampilan peserta dalam merancang dan membuat sendiri media pembelajaran Big Book yang sesuai dengan karakteristik dan perkembangan kognitif peserta didiknya, menghasilkan Big book yang sesuai dengan tujuan capaian pembelajaran, serta mampu mengimplementasikan Big Book pada proses kegiatan belajar di kelas. Adapun kesimpulan dari kegiatan ini adalah pentingnya membuat media pembelajaran sendiri yang dapat disesuaikan dengan capaian tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik, sehingga pembelajaran yang dilakukan akan lebih bermakna.