Chemistry Education Practice
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi November

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA

Safrina Azaria Rahman (Universitas Mataram)
Saprizal Hadisaputra (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram)
Supriadi Supriadi (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram)
Eka Junaidi (Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Kesuksesan mahasiswa dalam memperoleh hasil belajar kimia yang maksimal dapat dipengaruhi oleh kemampuan spasial yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kemampuan spasial mahasiswa, (2) bagaimana hasil belajar kimia mahasiswa, serta (3) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan spasial terhadap hasil belajar kimia mahasiswa, jika ada seberapa besar hubungannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram tahun akademik 2021/2022 yang berjumlah 68 mahasiswa dan diambil sebanyak 58 mahasiswa sebagai sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial, dimana hipotesis penelitian diuji menggunakan analisis bivariat dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan spasial mahasiswa berada pada kategori sangat rendah, (2) hasil belajar kimia mahasiswa berada pada kategori cukup, serta (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan spasial terhadap hasil belajar kimia mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,391 dan tingkat hubungan dalam kategori rendah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...