Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur
Vol. 10 No. 3 (2022)

Elemen Interior Kamar Tidur Hotel Berdasarkan Persepsi Pengunjung

Sabna Kartika Artha Putri (Universitas Brawijaya)
Rinawati Puji Handajani (Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Perkembangan jumlah wisatawan di Kota Malang yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, menjadi salah satu faktor dibutuhkannya fasilitas hunian untuk menjangkau wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang ke Kota Malang. Hotel merupakan fasilitas hunian yang seiring dengan perkembangan jaman memiliki fungsi tidak hanya untuk tempat menginap melainkan juga difungsikan sebagai tempat pertemuan bisnis, acara resepsi, maupun seminar. dengan menjamurnya hotel yang tersebar merata di wilayah Kota Malang menimbulkan persaingan antar industri perhotelan, maka dari itu pada setiap hotel akan memberikan fasilitas terbaik untuk menjadi loyalitas. Salah satu strategi yang difokuskan adalah penyediaan kamar dan branding interior kamar untuk menarik minat pengunjung dan menjadi pertimbangan saat memilih hotel. Persepsi pengunjung dalam menilai elemen interior kamar merupakan nilai yang penting untuk meningkatkan minat menginap pengunjung karena setiap pengunjung yang datang akan memiliki persepsi berbeda dalam menikmati interior ruang. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu deskriptifkuantitatif dan pengambilan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui elemen interior kamar tidur hotel berdasarkan persepsi pengunjung. Berdasarkan dari hasil penelitian elemen interior kamar tidur hotel pada objek penelitian ini memiliki pengaruh 65.38% berdasarkan persepsi pengunjung.Kata kunci: Elemen Interior, Hotel, Persepsi Pengunjung, Kota Malang

Copyrights © 2022