Jurnal Dedikasi
Vol 24, No 2 (2022): Jurnal Dedikasi

PKM Pelatihan Penguatan Karakter Guru Efektif dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Wilayah Sulawesi Selatan

Eva Meizarra Puspita Dewi (Universitas Negeri Makassar)
Basti Basti (Universitas Negeri Makassar)
Nurfajriyanti Rasyid (Universitas Negeri Makassar)
Masyrurah Masyrurah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Abstrak. Pandemi Covid-19 yang mulai merebak di Indonesia pada awal tahun 2020 membuat perubahan signifikan di berbagai ranah kehidupan, tidak terkecuali di ranah pendidikan. Perubahan yang terjadi meliputi penetapan sejumlah aturan dalam penyesuaian Belajar Dari Rumah (BDR) dalam skala besar yang tentu menghadirkan sejumlah kendala dalam penerapannya. Kendala tersebut hadir karena kompetensi para guru yang belum mampu menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran secara daring. Partisipan dalam pengabdian ini adalah guru Sekolah  Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Wilayah Sulawesi Selatan. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penguatan karakter dalam pembelajaran daring. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan pemberian pre-test dan post-test untuk melihat efektivitas dari pemberian intervensi. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dikarenakan 0,00 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemberian pelatihan penguatan karakter pada guru efektif dilakukan dalam implementasi pembelajaran daring di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Wilayah Sulawesi Selatan.Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Karakter Guru Efektif

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Education for ...