Problematika pembelajaran sistem daring tentu akan berdampak signifikan pada tingkat penguasan materi oleh siswa sekolah dasar termasuk pada pelajaran bahasa inggris. Belajar bahasa inggris bagi anak-anak membutuhkan metode yang menyenangkan secara langsung. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menguatkan pengetahaun dan keterampilan bahasa inggris anak-anak dan sekaligus menjadi solusi atas keterbatasan atau kekurangan interaksi belajar dalam pembelajaran sistem daring selama pandemi covid-19. Kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan metode partisipatif bersama anak-anak santri TPQ Asy-Sayuti. Peserta yang ikut kegiatan ini sebanyak 12 orang. Pembinaan bahasa inggris dilakukan secara kolaboratif dengan pengajar TPQ Asy-Sayuti. Hasil kegiatan yaitu (1) peserta mendapatkan penguatan keterampilan membaca (reading) huruf alfabet dalam bahasa inggris; (2) peserta mendapatkan penguatan pengetahuan vocabulary (kosa kata) dan keterampilan speaking (berbicara); (3) seluruh peserta merasa senang mengikuti kegiatan pembinaan bahasa inggris menggunakan metode ‘bernyanyi’.
Copyrights © 2022