Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha (JIKOBA)
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha (JIKOBA)

STRATEGI MARKETING POLITIK BOBBY NASUTION DAN AULIA RACHMAN DI MEDIA SOSIAL PADA PILKADA KOTA MEDAN 2020

Ahmad Baihaqi (Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Nani Nurani Muksin (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Fal. Harmonis (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Asep Setiawan (Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Leti Karmila (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatera Selatan, Palembang)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam dunia politik adalah marketing. Dalam event Pemilihan Kepala Daerah, dibutuhkan strategi marketing yang baik dan tepat agar pasangan calon dapat diterima dan mendapat perhatian serta dukungan masyarakat. Maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi marketing politik Bobby-Aulia di media sosial. Penelitian ini menggunakan teori strategi marketing politik yang meliputi push, pull, dan pass marketing yang diaplikasikan di media sosial (Computer-Mediated Communication) yang terdiri dari Selective Self-Presentation, Verbal cues atau pesan teks, dan Many-to-many communication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Data didapat dengan melakukan wawancara mendalam kepada beberapa narasumber terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bobby-Aulia telah menyampaikan pesan-pesan berulang di media sosial dengan metode informatif dan edukatif, namun masih kurang persuasif. Secara garis besar, strategi marketing komunikasi politik yang dilakukan sudah cukup optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikoba

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha fokus mengkaji pada studi komunikasi dan media. Walapun JIKOBA membahas tentang komunikasi tapi tidak menutup kemungkinan juga terbuka terhadap disiplin ilmu lain yang pendekatannya bersinggungan dengan ilmu komunikasi : Jurnal ini sebagai kajian media kajian ilmiah ...