PEDAGOGIKA
Vol 12 No 2 (2021): Oktober

Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Dengan Menggunakan Media LCD

Firmansyah Panigoro (SMP Negeri 3 Satu Atap Tilamuta Kabupaten Tilamuta Provinsi Gorontalo)
Zulaecha Ngiu (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui media visual. Yang dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Tilamuta. Permasalahan utama penelitian ini rendahnya pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 1 siklus yang di awali dengan observasi awal. Setelah penelitian kelas ini dilakukan dari observasi awal sampai ke siklus 1, maka terbukti dapat menerima hipotesis yang diajukan: Dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media visual LCD dalam pelajaran PPKn di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Tilamuta aktivitas siswa dapat meningkat. Hasilnya bisa dibandingkan dari observasi awal 7,69%, Siklus I aktivitas siswa meningkat menjadi 38,46%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yaitu mengenai proses pembelajaran PPKn dengan menggunakan media visual LCD di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Tilamuta dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat di buktikan sesuai hasil penelitian pada observasi awal, siklus 1.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...