Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2022): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI BERDASARKAN SELF-ESTEEM DAN GAYA BELAJAR

Wiwit Damayanti Lestari (Universitas Wiralodra)
Farid Gunadi (Universitas Wiralodra)
Zhazha Sofani Yahkya (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Trigonometri menjadi pokok bahasan esensial dari matematika, namun kenyataannya masih banyak siswa yang kesulitan dalam mempelajari Trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa pada materi trigonometri berdasarkan self-esteem dan gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penetapan subjek penelitian dilakukan dengan memberikan angket self-esteem dan gaya belajar kepada siswa Kelas X-6 Program IPA SMA Negeri 1 Sindang yang selanjutnya dari hasil tersebut dipilih secara purposive sampel 6 subjek berdasarkan kategori self esteem (tinggi, sedang, rendah) dan berdasarkan gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik). Instrumen yang digunakan adalah angket self-esteem dan angket gaya belajar, tes diagnostik yang digunakan untuk mengukur kesulitan belajar trigonometri, dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan siswa dengan self-esteem tinggi cenderung tidak mengalami kesulitan belajar, dimana siswa tersebut mengalami kesulitan belajar lebih sedikit dikarenakan siswa tersebut menunjukkan kepercayaan diri akan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah trigonometri dengan baik dan menunjukkan kesugguhan dalam belajar sehingga lebih sedikit mengalami kesulitan dalam belajar. Namun, siswa yang memiliki self-esteem rendah, siswa tersebut tidak menunjukkan kepercayaan diri akan kemampuannya dalam menyelesaikan permasalahan trigonometri dan menganggap trigonometri sulit sehingga menemui kesulitan belajar yang lebih. Siswa yang memiliki gaya belajar visual, dengan mudah dapat memvisualisasikan gambar-gambar segitiga dan menghubungkan kedalam konsep trigonometri sehingga jauh lebih sedikit menemui kesulitan belajar. Sedangkan siswa berkategori gaya belajar auditorial dan kinestetik menemui kesulitan dalam memvisualisasikan gambar segitiga dan menghubungkan kedalam konsep trigonometri sehingga terlalu banyak menemui kesulitan dalam belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...