Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2022): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP

Afrenda Miftahul Janna (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Shoffan Shoffa (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Wahyuni Suryaningtyas (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode active knowledge sharing terhadap kemampuan komunikasi matematika. Metode penelitian ini menggunakan meta-analisis dengan merangkum, mereview, serta menganalisis 15 artikel ilmiah yang di unduh secara online pada google scholar dan harzing. Hasil penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa metode pembelajaran active knowledge sharing berpengaruh pada kemampuan komunikasi matematika siswa SMP kelas VIII. Hal ini ditunjukkan dengan nilai effect size kelas VIII sebesar 1,09. Materi pembelajaran yang berpengaruh sangat besar digunakan pada materi relasi dan fungsi dengan nilai effect size sebesar 1,70. Selain itu metode pembelajaran active knowledge sharing berpengaruh sangat besar pada variabel terikat kemampuan komunikasi matematika, hal ini ditunjukkan dengan nilai effect size variabel tersebut sebesar 1,4.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...