Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2022): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

META ANALISIS: KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI CARA MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Erfanda Andi Mada Arectya Erfanda (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Shoffan Shoffa (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Endang Suprapti (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari cara memecahkan masalah matematika siswa. Penelitian kali ini menetapkan metode Systematic literature review(SLR) dengan mereview dan mengkaji menurut kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 19 artikel yang diunduh lewat google cendekia. Keterangan dari penelitian meta analisis menggunakan effect size dihasilkan bahwa variabel prestasi belajar memiliki pengaruh yang tingi diperoleh effect size sebesar 1,738. Hasil analisis ini ternyata sama memiliki pengaruh sedang pada jenjang SMP,SMA/SMK yakni effect size sebesar 0,581 untuk SMP dan 0,640 untuk SMA/SMK. Namun pada pemecahan masalah didapatkan hasil effect size yang kurang maksimal sebesar 0,322 yang berarti komunikasi matematis memiliki pengaruh kecil terhadap pemecahan masalah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...