Jurnal Metaedukasi : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 3, No 2 (2021): Metaedukasi

ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI PESERTA DIDIK MI/SD

Vivin Devi Prahesti (UIN Sunan Kalijaga)
Ichsan - - (UIN Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti gaya belajar siswa dalam pembelajaran daring pada peserta didik MI/SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas 3 MI Rudlotul Jannah berjumalah 164 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu kuesioner dan observasi. Kuesioner dilakukan untuk mengumpulkan data gaya belajar peserta didik,  sedangkan observasi dilakukan untuk mengumpulkan data pembelajaran daring pada kelas 3. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah uji statistik parametrik menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini adalah menganalisis gaya belajar siswa dalam pembelajaran daring yang mana dapat diketahui berbeda tiap anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik kelas 3 mulai beradaptasi dengan gaya belajar ketika pembelajaran daring, dan peserta didik memiliki gaya belajar visual dan kinestetik terhitung hampir 40%, sedangkan sisanya hampir 20% mereka memiliki gaya belajar auditori. Peserta didik memahami materi dan menikmati proses pembelajaran daring melalui gaya belajar mereka sendiri sehingga beberapa dari mereka merubah gaya belajar mereka ketika pembelajaran daring berlangsung, dan ini berhubungan pada proses pemahaman materi oleh peserta didik. Mereka akan lebih mengetahui gaya belajar mana yang membuat nyaman bagi mereka. Temuan penelitian ini bahwa peserta didik dapat memiliki lebih dari satu gaya belajar tergantung situasi dan kondisi sehingga membuat mereka nyaman dan fokus pada materi pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

metaedukasi

Publisher

Subject

Education Transportation Other

Description

Metaedukasi mempublikasikan hasil penelitian pendidikan mencakup Evaluasi Pembelajaran, Model Pembelajaran dan Media ...