Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 1 No 4 (2022): Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

DAMPAK KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL PADA SISWA MTs SUNAN KALIJOGO KOTA MALANG

Ashfiyan Romdhoni (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Alfiana Yuli Efiyanti (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2022

Abstract

Some students of MTs Sunan Kalijogo have a hobby of playing online games and even getting to the stage of addiction which has an impact on frequently violating school rules, especially being late due to playing online games. The aims of this study are: (1) to explain the impact of online game addiction on the solidarity of MTs Sunan Kalijogo students, Malang City. (2) explain the motivation that causes MTs Sunan Kalijogo students to become addicted to online games. (3) explaining the efforts made by MTs teacher Sunan Kalijogo in overcoming students' addiction to online games. This research uses a descriptive qualitative method. The resource persons in this study were the students of MTs Sunan Kalijogo who were indicated to be addicted to online games and the teachers as informants. Data collection techniques applied in this study were observation, interviews, and documentation. Data analysis in this study uses data collection, data condensation, data presentation, and data conclusions or verification. The results of this study reveal that online game addiction has a positive impact on social solidarity, namely: forming a community, being prosocial among fellow gamers, and practicing teamwork. While the negative impacts include: often being late for school, lack of sense of social care, often ignoring friends who don't play online games, often berating teammates, and can trigger conflicts with parents. Their motivation for playing online games comes from themselves and others. The efforts of the MTs Sunan Kalijogo teacher in overcoming students' addiction to online games are to limit the use of gadgets at school and provide assistance in the use of gadgets when in class. Abstrak Beberapa Siswa MTs Sunan Kalijogo memiliki hobi bermain game online bahkan sampai tahap kecanduan yang berdampak pada sering melanggar peraturan sekolah terutama terlambat dikarenakan main game online. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menjelaskan dampak kecanduan game online terhadap solidaritas siswa MTs Sunan Kalijogo Kota Malang. (2) menjelaskan motivasi yang menyebabkan siswa MTs Sunan Kalijogo Kecanduan Game Online. (3) menjelaskan upaya yang dilakukan oleh guru MTs Sunan Kalijogo dalam mengatasi siswa kecanduan game online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Narasumber pada penelitian ini adalah dari para siswa MTs Sunan Kalijogo yang terindikasi kecanduan game online dan para guru sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang diaplikasikan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan data atau verifikasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kecanduan game online memiliki dampak positif terhadap solidaritas sosial yaitu: membentuk komunitas, prososial antar sesame gamer, dan melatih kerjasama tim. Sedangkan dampak negatif antara lain: sering terlambat masuk sekolah, kurangnya rasa kepedulian sosial, sering acuh pada teman yang tidak bermain game online, sering mencaci teman satu tim, dan dapat memicu konflik dengan orang tua. Adapun motivasi mereka bermain game online berasal dari diri sendiri dan orang lain. Upaya guru MTs Sunan Kalijogo dalam mengatasi siswa kecanduan game online adalah dengan membatasi penggunaan gadget di sekolah serta melakukan pendampingan pemakaian gadget ketika di dalam kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dsjpips

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan jurnal berkala ilmiah yang mempublikasikan artikel hasil penelitian tugas akhir mahasiswa di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), ...