Interaktif: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial
Vol 14, No 1 (2022): Mei

Strategi Komunikasi Politik Politisi Perempuan Dalam Membangun Citra Pemimpin Perempuan (Analisis Naratif Gaya Komunikasi Politik Khofifah Indar Parawansa)

Maulina Pia Wulandari (Fisip, Universitas Brawijaya Malang)
Maharina Novia Zahro (Universitas Muhammadiyah Malang)
Anang Sujoko (Fisip, Universitas Brawijaya Malang)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2022

Abstract

Jumlah pemimpin perempuan di Indonesia berbanding jauh dengan jumlah laki-laki. Baik sebagai presiden, Menteri, Gubernur, misalnya. Faktor yang memengaruhi di antaranya ialah adanya glass ceiling dan budaya patriarki. Dampaknya, kesempatan perempuan untuk dapat maju mengambil posisi top leader management perlu effort yang lebih. Adapun figure perempuan yang berhasil salah satunya ialah Khofifah Indar Parawansah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan gaya komunikasi politik yang dilakukan Khofifah Indar Parawansah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruktivis serta analisis naratif. Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa brand identity yang melekat pada Khofiffah tidak terbangun secara instan, namun ada jangka waktu yang cukup jauh untuk bisa mendapatkan reputasi yang baik sehingga brand yang terbangun dalam diri Khofifah bukan hanya sekadar identitas namun juga memiliki simpatisan yang loyal (brand loyality). Khofifah sebagai warga NU sangat aktif terlibat kegiatan rutin berzanji dalam tradisi masyarakat Nahdliyyin. Pendekatan kultural sebagai ketua ketua muslimat NU sejak tahun 2000 hinga kini bisa menyatukan suara jamaah. Dengan memilih pasangan yang pas, yaitu Emil Dardak yang berasal dari partai Demokrat tentu menjadi penguat. Begitu juga dengan gaya komunikasi yang santun dan mendidik seperti seorang guru menjadi figure teladan bagi masyarakat Jawa Timur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

interaktif

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Interaktif is a peer-reviewed scientific journal in social and political science published by the Faculty of Social and Political Science, Universitas Brawijaya (UB). Jurnal Interaktif provides platforms for lecturers, academicians, researchers, and university students regarding the ...