JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA
Vol 3 No 2 (2022): JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA

Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD Marginal Rambah Hilir

Rejeki (pgsd rokania)
Eni Marta (PGSD STKIP Rokania)
Abdul Putra Ginda Hasibuan (PGSD STKIP Rokania)
Safrudin Safrudin (PGSD STKIP Rokania)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Media merupakan salah satu komponen sistem pembelajaran yang tidak bisa diabaikan dalam pengembangan sistem pengajaran yang sukses. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar-mengajar dapat membangkitkan keinginan atau minat yang baru, membangkitkan motifasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Media yang sering digunakan oleh guru dalam mengajar adalah media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan antara lain: (1) lebih konkrit dan realistis dalam memunculkan masalah, jika dibanding dengan bahasa verbal; (2) dapat mengatasi ruang dan waktu; (3) dapat mengatasi keterbatasan mata; (4) memperjelas masalah dalam bidang apa saja, dan dapat digunakan untuk semua orang tanpa memandang umur. Dengan ini dilaksanakan pelatihan untuk menumbuhkan pemahaman guru dan siswa tentang pemanfaatan media dalam pembelajaran. Metode dalam pelatihan ini ada tiga tahapan yaitu, 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksa- naan, dan 3) tahap monitoring dan evaluasi. Dari hasil pelatihan yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwasanya mitra sasaran sudah mampu memanfaatkan media dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmnr

Publisher

Subject

Computer Science & IT Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JURNAL MASYARAKAT NEGERI ROKANIA merupakan jurnal ilmiah pengabdian, penelitian pendidikan dan pembelajaran yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Rokania, yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Oktober dan ...