JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal

Improving Skill of Descriptive Writing by Using Think Talk Write (TTW) Method

Enni Enni (Unknown)
Syaharuddin Syaharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Di Sulawesi Barat, khususnya di Kabupaten Mamuju keterampilan menulis siswa di tingkat SMP, SMA dan Perguruan Tinggi masih memerlukan perhatian yang besar dalam proses belajar mengajar, hal ini didasari oleh kurangnya kemampuan siswa dalam membuat tulisan, khususnya dalam mengembangkan ide dalam menulis dan penggunaan struktur kalimat dan tata bahasa masih salah. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran yang tidak tepat juga mempengaruhi kemampuan siswa dalam mengembangkan tulisannya. Banyak siswa yang masih belum bisa membuat tulisan yang baik dan bermakna. Akibatnya, hasil pengajaran menulis di sekolah belum memuaskan. Dengan kata lain, kemampuan menulis siswa masih kurang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tiwikrama Mamuju kelas X berdasarkan pengalaman, observasi dan wawancara dengan guru bahasa Inggris SMK Tiwikrama. Hal ini diperlukan untuk mengetahui keterampilan menulis deskriptif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode Think Talk Write (TTW) meningkatkan keterampilan menulis deskriptif siswa kelas X SMK Tiwikrama Mamuju.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap dalam satu siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Tiwikrama Mamuju. Banyaknya siswa adalah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis deskriptif siswa: lembar observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan keterampilan menulis deskriptif siswa kelas X SMK Tiwikrama Mamuju. Penelitian ini merupakan informasi dan kontribusi yang besar dan berharga bagi para pembaca pada umumnya dan khususnya bagi guru bahasa Inggris dan siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis dalam bahasa Inggris. Diharapkan juga dapat menjadi informasi yang berguna bagi peneliti selanjutnya untuk mendapatkan ide-ide tentang penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...