JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 1 No 1 (2019): Jurnal Edukasi Nonformal

INCREASING STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN DESCRIPTIVE TEXT THROUGH READING GUIDE METHOD

Enni Enni (Unknown)
Dian Riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2019

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas. PTK memiliki empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Mamuju. Indikator tersebut sebesar 85% dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Terjadi peningkatan yang signifikan dari nilai siswa, nilai rata-rata di setiap siklus, meskipun siswa mencapai indikator ketuntasan. Hal ini terlihat pada tes diagnostik dimana tidak ada satu siswa yang mencapai nilai KKM dan nilai rata-rata 59. Pada siklus I menunjukkan 15 siswa mencapai nilai KKM 42% dengan nilai rata-rata 67, pada siklus II 20 siswa dengan persentase 47% rerata skor 72 dan siklus III adalah 31 dalam persentase 86% dengan rerata 78 yang telah mencapai skor KKM. Berdasarkan indikator ketuntasan penelitian tuntas dikatakan apabila siswa mencapai KKM dengan persentase 85%, terlihat pada siklus III terdapat 86% siswa yang mencapai nilai KKM. Artinya penelitian dengan menggunakan metode Reading Guide dapat meningkatkan pemahaman membaca teks secara deskriptif siswa kelas X SMK Negeri 1 Mamuju.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...